Friday, May 26, 2017

Berkembangnya Teknologi Komunikasi Di Indonesia

Berkembangnya Teknologi Komunikasi Di Indonesia – Pada zaman yang serba maju, dan teknologi yang berkembang dengan pesat di indonesia, membuat indonesia kini dikenal lebih modern dibanding dengan zaman zaman sebelumnya. Melirik masalah Sejarah berkembangnya teknologi di Indonesia, ada banyak sekali perkembangan di bidang teknologi yang patut kita ketahui, seperti dahulu sebelum adanya SMS, orang sulit untuk berkomunikasi dengan sesama untuk memberitahu hal hal penting, dan lainya. 


Semenjak adanya SMS, kini kita tidak perlu susah untuk mengubungi sesama, baik dalam hal penting maupun tidak penting. Itu semua sebagian kecil contoh dari majunya teknologi komunikasi. Berikut adalah beberapa sejarah kemajuan di bidang teknologi yang patut kita ketahui.

SURAT


Yang pertama adalah Surat. Jelas banyak yang sudah tahu apa itu surat. Ternyata Surat Menyurat rupanya menjadi cara pertama yang mudah untuk berkomunikasi dengan jarak yang jauh. Surat menyurat ini sudah terjadi pada sejak zaman kerajaan. Dedaunan, kulit hewan, dan kayu merupakan contoh media yang dipakai pada zaman dahulu untuk melakukan komunikasi lewat surat, karena pada zaman dahulu susahnya kertas. Pada zaman belanda, teknologi komunikasi ini sudah mulai berkembang, apalagi ditambah dengan aktinya surat pos. Dan zaman yang maju ini, dan semakin majunya Surat sudah dilupakan lagi, mereka lebih memilih E-mail, yakni mengirim Surat lewat online.

TELEGRAF


Kedua, yakni Telegraf. Siapa yang tak kenal Telegraf ? Telegraf yaitu Pengirim pesan singkat yang hanya bisa digunakan menggunakan sandi morse. Pada tahun 1855 menjadi awal sejarah dimulainya Fenomena Teknologi ini. Telegraf pada saat itu, juga menjadi primadona. Awalnya, telegraf ini berfungsi untuk mengirim pesan singkat pada perang yang bersifat rahasia. Hingga kemudian, banyak sekali perubahan pada telegraf ini, dan menjadikan inspirasi tersendiri terciptanya teleprinting dan juga telegram yang semakin memudahkan kita untuk melakukan komunikasi di bidang teknologi.

TELEFON



Diawali dengan meluasnya teknologi telegraf membuat masyarakan mengirimkan permintaan terhadap telegraf yang semakin tinggi. Hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya Telefon. Meski sebelumnya Telepon sudah ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876, di negri kita ini masih 6 tahun setelah ditemukanya, telefon baru beredar. Di indonesia, lokasi pertama yang mendapat kehormatan dengan mendapatkan jaringan telefon hanyalah di wilayah Gambir Ke Batavia (Jakarta). Dan pada saat itu, teknologi komunikasi di indonesia mulai maju dan berkembang sejak zaman itu.

TELEGRAM


Tahun 1920, teknologi komunikasi di indonesia mulai sedikit demi sedikit maju. Telegram ini merupakan generasi selanjutnya dari Telegraf. Telegram memiliki banyak cara kerja yang hampir sama dengan Telegraf. Bedanya hanya biaya yang lebih murah dibandingkan dengan Telefon. Meskipun perhitungan biaya dari telegram dihitung perkarakter. Dan inilah yang membuat banyak masyarakat yang tertarik pada saat itu.

Kita sebagai penghuni bangsa, wajib berbangga hati karena banyak sekali teknologi yang berkembang. Ada banyak sekali selain dari beberapa yang saya sebutkan diatas. Dan saya hanya merangkum nya menjadi beberapa paragraf. Selain di bidang komunikasi, teknologi di bidang informasi juga banyak sekali mengalami perkembangan.

Demikian artikel yang saya buat, semoga bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan kita semua. Jika ada kesalahan kata dan tidak dimengerti, saya mohon maaf. 

2 comments

perkembangan nya sangat pesat semenjak smartphone menyerang Indonesia

Info yg sangat bermanfaat min,
jgn lupa baca juga Sosialisasi "Aplikasi SUSITAO Surat Menyurat Berbasis Digital"
disini https://www.uma.ac.id/berita/sosialisasi-aplikasi-susitao-surat-menyurat-berbasis-digital
Terimakasih


EmoticonEmoticon