Sunday, April 2, 2017

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Pertama Kali - Pada kesempatan ini, dan di artikel saya ini saya akan membagikan "Cara Menggunakan Google Keyword Planner Untuk Pertama Kali".

Image result for Google Keyword Planner


Google Keyword Planner adalah salah satu perangkat gratis yang biasa digunakan blogger untuk riset kata kunci (keyword research). Sayangnya, perangkat ini tidak ramah bagi orang yang pertama kali menggunakannya.

Alih-alih mengetahui sejumlah kata kunci, orang tersebut akan “terjerumus” ke halaman membuat kampanye iklan AdWords pertama. Heran, pusing, dan kesal biasanya akan dialami oleh mereka yang masuk ke halaman tersebut.

Bagaimana tidak, tujuannya ingin mengetahui volume pencarian suatu kata kunci dan kata-kata kunci relevannya, malah seolah-olah “disuruh” membuat kampanye iklan yang mesti dibayar menggunakan kartu kredit.

Contoh halaman yang saya maksud seperti ini.


Nah, bagi Anda yang akan menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali dan tidak ingin “terjerumus” ke halaman di atas, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Kunjungi Google Keyword Planner (https://adwords.google.com/KeywordPlanner)

2. Klik Sign in lalu masukkan alamat dan password Gmail Anda.




3. Anda akan melihat halaman Welcome to Google AdWords. Di sinilah kuncinya yaitu dengan mengklik Skip the guided setup.


Ingat, jangan tekan tombol Continue karena Anda akan masuk ke halaman pembuatan kampanye iklan AdWords.

4. Pada halaman yang muncul, masukkan kembali alamat Gmail Anda. Negara, zona waktu, dan mata uang adalah opsional. Setelah itu, klik tombol Save and continue.


5. Klik Tools dan pilih Keyword Planner.


6. Klik Get search volume data and trends.


7. Ketik kata kunci yang ingin Anda cek volume pencariannya. Bisa lebih dari satu dalam sekali pengecekan. Pada bagian Targeting negara, pilih Indonesia. Lanjutkan dengan mengklik Get search volume.


8. Lihat hasil yang muncul. Contohnya di bawah ini.


9. Untuk mengecek kata kunci lain, ketik kata kunci tersebut di kotak Enter keywords lalu klik Get search volume.

Demikianlah tips singkat menggunakan Google Keyword Planner untuk pertama kali dengan tujuan riset kata kunci. Bagi Anda yang sudah “terjerumus” ke halaman kampanye iklan AdWords, solusinya adalah dengan membuat Gmail baru.


EmoticonEmoticon