Wednesday, April 5, 2017

3 Langkah Menjadi Seleblogger

Langkah Menjadi Seleblogger - Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Langkah Menjadi Seleblogger. Mungkin pertanyaan yang pertama kali muncul dalam pikiran Anda adalah: adakah seleblogger di jagad blogosphere? 

Image result for Seleblogger

Apakah sebutan ini masih sebatas wacana sebagian orang yang ingin ngetop di internet atau memang telah hadir dalam kehidupan nyata layaknya artis sinetron yang menjadi sorotan publik. Lalu, setiap aktivitas online mendapat kesan bagi sebagian besar orang. Bahkan sekedar update sebaris kalimat di Twitter sontak menimbulkan beragam respons. Saya tidak tahu pasti siapa yang pertama kali memperkenalkan istilah seleblogger. Beberapa blog telah lama menggunakan istilah ini. Saat mendapat referensi dari Google dan Wikipedia pun tidak cukup meyakinkan saya tentang asal usul sebutan ini. 

Apa Sebenarnya Seleblogger ?

Seleblogger berasal dari penggabungan dua kata, selebritis dan blogger. Selebritis bermakna pesohor, orang beken, ngetop dan terkenal pada satu komunitas tertentu. Sedangkan kata blogger berarti orang yang rajin melakukan aktifitas blogging (ngeblog). 


Kalau digabungkan, seleblogger kurang lebih berarti blogger yang ngetob banget. Ciri-cirinya adalah artikel terbaru ramai mendapat komentar, rajin menyapa blog tetangga, aktif di jejaring social dan tentu saja namanya mentereng di jajaran blogroll popular. Keempat ciri di atas saling berhubungan. Sebagai netter, kalau sudah punya komunitas blog biasanya tidak lupa memanfaatkan situs jejaring social sebagai rumah keduanya. Oke, langsung saja disimak ya..

Pertama, Kemampuan Menulis

Aktivitas blogging tidak terlepas dari kegiatan menulis artikel blog. Tulisan blog inilah yang menandakan adanya „kehidupan‟ sebuah blog. Dan gaya penyampaian tulisan Anda akan menjadi pembeda dan memberi keunikan tersendiri dalam pergaulan blogosphere. Untuk level lebih lanjut, tulisan Anda berpeluang menjadi sumber penghasilan layaknya jenis bisnis online lain seperti adsense, affiliasi, MLM online, jualan ebook, toko online dan sebagainya. Setidaknya, ada tiga hal yang berhubungan dengan menulis, baik menulis artikel blog, buku cetak maupun artikel media massa. 
1. Menulis sebagai ilmu. 
2. Menulis sebagai seni. 
3. Menulis sebagai keterampilan. 

Kedua, Membangun Personal Branding

Menurut Wikipedia, Personal branding adalah proses dimana orang-orang dan karir mereka ditandai sebagai merk. Telah dicatat bahwa meskipun sebelumnya usaha individu dalam teknik manajemen adalah tentang perbaikan diri, keberhasilan konsep branding seseorang bukan berasal dari kemasan diri. Selanjutnya didefinisikan sebagai penciptaan aset yang berkaitan dengan orang tertentu atau individu; hal ini tidak terbatas pada tubuh, pakaian, penampilan dan pengetahuan yang terkandung di dalamnya, yang menyebabkan kesan tak terhapuskan yang unik dan dibedakan. Istilah ini diduga pertama kali digunakan dan dibahas oleh Tom Peter pada tahun 1997. 

Terlepas Anda berada di pihak mana, jika Anda seorang blogger yang orientasi ke depannya berjualan produk lewat internet, maka Anda tidak dapat mengesampingkan hal ini begitu saja. Banyak praktek di lapangan yang membuktikan bahwa jika 2 orang menjual produk yang sama dan dari merk yang sama pula, maka prospek cenderung menjatuhkan pilihan kepada marketer yang memiliki branding lebih baik. 


Lalu, membangun personal branding dimulai dari mana? Ada banyak cara. Salah satu cara paling mudah adalah dari nama panggilan (nickname) dan foto profil di situs jejaring social. 

Ketiga, Membangun Komunitas Blog

Punya blog yang didatangi oleh pengunjung tetap mempunyai banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang jelas adalah memudahkan pebisnis online memasarkan produknya. Mau jualan apa saja kemungkinan besar bisa sukses. Kenapa? Karena sudah ada market spesifik yang sesuai dengan niche yang anda tekuni.  Membangun komunitas blog mungkin terdengar sebagai perbuatan maha berat bagi seorang newbie. Saya pun pada awalnya berpikir demikian. Untuk punya „penggemar tetap‟ harus jadi blogger sukses dulu. Harus punya produk yang telah dipasarkan ribuan affiliate-nya. Plus punya bukti otentik berupa beberapa rekening bank terkemuka. Kalau perlu ditampilkan juga screen shoot penghasilan online. Wuihh, kelihatannya too high banget ya..

Menurut saya, ada 2 alasan kenapa pengunjung dengan setia bolak-balik membaca artikel Anda. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh blog lain.
2. Menyajikan artikel bermanfaat secara konsisten.

Sekian dari artikel saya pada malam hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.


EmoticonEmoticon